Turis Amerika Mencoba Magis Lukah Gilo

Turis Amerika Mencoba Magis Lukah Gilo

“Lukah Gilo” adalah hiburan tradisional orang Minangkabau di Sumatra Barat Baccarat Online yang sudah ada sejak lama. Ini adalah permainan “Lukah” (ada juga daerah lain menyebutnya bubu), alat penangkap ikan dari bambu yang dianyam bulat dan memanjang, terkadang diberi pakaian seperti dalam video ini.

Lukah dipegang dua orang atau lebih. Ketika dijampi-jampi dan didendangkan, lukah tersebut akan bergoyang dengan keras sehingga tidak terkendali. Karena itu disebut “lukah gilo” (“gilo” adalah bahasa Minang yang artinya “gila”).

Video ini adalah rekaman atraksi Lukah Gilo yang dimainkan grup seni Lukah Gilo “Mambat” dari Nagari Taruang-Taruang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat ketika tampil di Arosuka, Kabupaten Solok, Sabtu malam, 11 Agustus 2018.

Mencoba Magis Lukah Gilo

Guru Lukah Gilo ini adalah M. Dahar Pakiah Sinaro. Ia menyebutkan rahasia kenapa lukah tersebut bisa bergoyang keras, yaitu karena dirasuki jin. Ia memanggil jin dengan jampi-jampi tiga kali jentikan.

SUKU MENTAWAI yang mendiami Kepulauan Mentawai di Provinsi Sumatra Barat memiliki keunikan budaya dan kepercayaan lama (kuno). Sebagian dari tardisi tersebut masih dijalankan hingga sekarang, terutama di Pulau Siberut. Salah satu sisa kepercayaan kuno dari bagian Kepercayaan Arat Sabulungan yang jarang diketahui orang adalah “Kirekat”.

Kirekat berfungsi mirip nisan pada kuburan Islam dan Kristen, tapi tidak ditaruh di atas kuburan. Meski seorang Mentawai yang sudah beragama modern dikubur di tanah, tapi “tanda kubur” atau “nisan” tersebut tetap diukir pada sebatang pohon besar. Pohon tanda almarhum itu diziarahi oleh keluarga yang mengenangnya.